pengertian prinsip belajar
1. pengertian prinsip belajar.
Ada beberapa pengertian dari prinsip belajar salah satunya
adalah sesuatu yang di pegang sebagai panutan yang utama, sesuatu yang menjadi
dasar dari pokok berpikir atau sesuatu kebenaran yang kebenarannya sudah
terbukti dengan sendirinya.
2. pengertian belajar.
Ø
Belajar merupakan sejenis perubahan yang
diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaannya berbeda dari
sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan kegiatan
yang serupa itu.
3. sebutkan dan jelaskan tokoh-tokoh dari prinsip belajar.
Ø
Gage Berliner, menurutnya prinsip belajar
merupakan akibat adaya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorag dianggap
telah belajar sesuatu jika dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut
teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan
output yang berupa respon. Stimulus adalah apa saja yang diberikan pada guru
kepada pelajar, sedangkan respon berupa reaksi atau tanggapan pembelajaran
terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut.
Ø
Arthur combs, menurutnya prinsip belajar terjadi bila mempunyai arti bagi
individu. Guru tidak bisa melakasanakan materi yang tidak disukai atau tidak
relavan dengan kehidupan mereka.
Contohnya, anda tidak matematika atau sejarah bukan berarti
anda bodoh tetapi karena mereka enggan dan terpaksa dan merasa tidak ada alas
an penting bagi mereka untuk mempelajarinya.
Ø
B.F.skinner, menurutnya prinsip belajar terjadi
karena ada tiga faktor yaitu stimulus, response dan reinforcement.
4. sebutkan dan jekaskan prinsip belajar secara umum
Ada beberapa prinsip belajar secara umum yaitu:
1. prinsip perhatian
dalam motivasi.
·
Belajar memerlukan perhatian adalah pemusatan
pikiran dan mental pada satu kegiatan/satu objek konsentrasi atau disebut juga
khusus.
·
Belajar memerlukan motivasi. Motivasi adalah
kekuatan yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu perbuatan.
2. prinsip keaktifan.
pada dasarnya manusia sudah memiliki keaktifan dikarenakan
adanya rasa ingin tahu (internal) dan pergaulan (eksternal). Jika keaktifan
siswa di batasi maka akan mengakibatkan siswa itu fasif.
Implikasi prinsip keaktifan atau aktivas bagi guru didalam
proses pembelajaran adalah memberikan kesempatan melakukan pengamatan
penyelidikan dan eksperimen, memberikan tugas individual dan kelompok melalui
control guru, memberikan pujian verbal dan non verbal terhadap siswa yang
merespon terhadap pertanyaan pertanyaan yang di ajukan.
3. prinsip
keterlibatan langsung
Kerterlibatan langsung disini diartikan agar siswa terlibat
langsung dalam proses belajar agar siswa lebih memahami proses belajar
tersebut.
4. prinsip
pengulangan
pada prinsip ini biasanya guru hanya mengulang materi yang
perlu diingat atau kata kuncinya kepada siswa agar daya ingat siswa semakin
bagus kepada materi pembelajaran tersebut.
5. prinsip tantangan
Pada prinsip satu ini setelah siswa mengerti apa yang
dijelaskan oleh guru, maka guru tersebut biasanya akan menguji siswanya yaitu
pengujinnya dalam bentuk memgadakan ulangan kepada siswa/siswi.
5. sumber
Wikipedia.com
Komentar
Posting Komentar