pengertian prinsip belajar


1. pengertian prinsip belajar.
Ada beberapa pengertian dari prinsip belajar salah satunya adalah sesuatu yang di pegang sebagai panutan yang utama, sesuatu yang menjadi dasar dari pokok berpikir atau sesuatu kebenaran yang kebenarannya sudah terbukti dengan sendirinya.

2. pengertian belajar.
Ø  Belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan kegiatan yang serupa itu.

3. sebutkan dan jelaskan tokoh-tokoh dari prinsip belajar.
Ø  Gage Berliner, menurutnya prinsip belajar merupakan akibat adaya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorag dianggap telah belajar sesuatu jika dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. Stimulus adalah apa saja yang diberikan pada guru kepada pelajar, sedangkan respon berupa reaksi atau tanggapan pembelajaran terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut.
Ø  Arthur combs, menurutnya prinsip  belajar terjadi bila mempunyai arti bagi individu. Guru tidak bisa melakasanakan materi yang tidak disukai atau tidak relavan dengan kehidupan mereka.
Contohnya, anda tidak matematika atau sejarah bukan berarti anda bodoh tetapi karena mereka enggan dan terpaksa dan merasa tidak ada alas an penting bagi mereka untuk mempelajarinya.
Ø  B.F.skinner, menurutnya prinsip belajar terjadi karena ada tiga faktor yaitu stimulus, response dan reinforcement.

4. sebutkan dan jekaskan prinsip belajar secara umum
Ada beberapa prinsip belajar secara umum yaitu:
1. prinsip perhatian dalam motivasi.
·         Belajar memerlukan perhatian adalah pemusatan pikiran dan mental pada satu kegiatan/satu objek konsentrasi atau disebut juga khusus.
·         Belajar memerlukan motivasi. Motivasi adalah kekuatan yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu perbuatan.
2. prinsip keaktifan.
pada dasarnya manusia sudah memiliki keaktifan dikarenakan adanya rasa ingin tahu (internal) dan pergaulan (eksternal). Jika keaktifan siswa di batasi maka akan mengakibatkan siswa itu fasif.
Implikasi prinsip keaktifan atau aktivas bagi guru didalam proses pembelajaran adalah memberikan kesempatan melakukan pengamatan penyelidikan dan eksperimen, memberikan tugas individual dan kelompok melalui control guru, memberikan pujian verbal dan non verbal terhadap siswa yang merespon terhadap pertanyaan pertanyaan yang di ajukan.
3. prinsip keterlibatan langsung
Kerterlibatan langsung disini diartikan agar siswa terlibat langsung dalam proses belajar agar siswa lebih memahami proses belajar tersebut.
4. prinsip pengulangan
pada prinsip ini biasanya guru hanya mengulang materi yang perlu diingat atau kata kuncinya kepada siswa agar daya ingat siswa semakin bagus kepada materi pembelajaran tersebut.
5. prinsip tantangan
Pada prinsip satu ini setelah siswa mengerti apa yang dijelaskan oleh guru, maka guru tersebut biasanya akan menguji siswanya yaitu pengujinnya dalam bentuk memgadakan ulangan kepada siswa/siswi.

5. sumber
Wikipedia.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Tulisan : Produk Kreatifitas (Kreatifitas dan Keterbakatan)

tugas sofkill 1 matakuliah psikologi dan teknologi internet