PSIKOLOGI MANAJEMEN 2
Nama : Melysa
NPM : 16514589
Kelas : 3PA18
Hari/Tanggal
: Senin, 3 Oktober 2016
Waktu : 16.15 WIB
Jelaskan apa perbedaan komunikasi
Satu Arah Dan Dua Arah?
·
Komunikasi
Satu Arah
Komunikasi satu arah adalah komunikasi yang terjadi ketika
seorang pengirim pesan kepada orang lain, sedangkan penerima pesan tidak
menanggapi pesan tersebut atau komunikasi satu arah merupakan komunikasi yang
berlangsung dari satu pihak saja, yaitu hanya dari pihak komunikator dengan
tidak memberi kesempatan kepada komunikan untuk memberikan respon atau
tanggapan.
Yang
termaksud komunikasi satu arah
khotbah,
berita di TV dan radio.
Contoh komunikasi satu arah :
Seseorang penyiar radio
yang sedang siaran dan semua orang hanya dapat mendengarkan saja, dan tidak
memberikan tanggapan.
Kelebihan
komunikasi satu arah :
-
Lebih cepat dan efisien.
Dapat membawa wibawa komunikator
(pimpinan), karena komunikasi tidak dapat mengetahui secara langssng atau
menilai kesalahan dan kelemahan komunikator,
-
Suasana
pada saat penyampaikan pesan atau informasi lebih tentram dan teratur,
-
Yang
berbicara hanya ada satu orang sehingga penerima pesan atau penyimak lebih
mudah mencerna dan memahami pesan yang disampaikan,
-
Dapat mempengaruhi orang lain
melalui pesan yang disampaikan atau informasi yang disampaikan,
-
Pembicara
bebas menyampaikan apa yang ingin disampaikan,
-
Pesan
yang disampaikan pembicara lebih fakta dan dapat dipercaya.
Kelemahan
komunikasi satu arah :
-
Tidak memberikan kepuasan kepada komunikan, karena
komunikan tidak mempunyai kesempatan untuk memberikan respons atau tanggapan,
-
Memberikan kesan otoriter,
-
Dapat menimbulkan kesalah pahaman dan ketidak jelasan,
sehingga muncul prasangka yang tidak baik,
-
Penyimak
bisa saja memahami apa yang disampaikan pembicara karena penyimak tidak boleh
merespon atau memberikan tanggapannya kepada pembicara, sehingga pembicara
tidak mengetahui apakah semua penerima pesan atau penyimak memahami seluruh isi
pesan yang disampaikan pembicara atau tidak memahami, jadi walaupun penerima
pesan mau memberikan tanggapan cukup
kepada diri sendiri,
-
Terkadang
penyimak tidak peduli akan apa yang disampaikan pembicara karena penerima pesan
merasa bosan.
·
Komunikasi
Dua Arah
Komunikasi dua arah adalah komunikasi yang terjadi
ketika seseorang mengirim pesan, mengeluarkan ide, gagasan, pendapat dan
peerima pesan (pendengar) menanggapi isi pesan atau komunikasi dua arah
merupakan komunikasi yang berlangsung antara dua pihak dan ada timbal balik
baik dari komunikator maupun komunikan.
Contoh komunikasi dua arah yaitu:
Seseorarang anak perempuan yang sedang curhat dengan
orangtua nya dan menceritakan semua yang sedang ia alami dan rasakan dan
orangtua nya menerima pesan tersebut atau komunikan memberikan tanggapan atau
merespon kembali apa yang anaknya seritakan atau sampaikan.
Kelebihan komunikasi dua arah:
-
Adanya dialog antara komunikator dengan
komunikan, sehingga menimbulkan kepuasan diantara kedua belah pihak,
-
Informasi yang diterima menjadi lebih
jelas, lebih akurat dan lebih tepat, karena dapat diperoleh langsung
penjelasanya,
-
Memunculkan rasa kekeluargaan,
kekerabatan, dan iklim demokratis,
-
Menghindari kesalahpahaman,
-
Komunikator dan komunikan bebas
mengeluarkan pendapat masing-masing,
-
Pembicara dan penyimak saling berperan
aktif bisa saja penyimak sebagai pembicara dan pembicara sebagai penyimak,
-
Komunikan tidak hanya menerima apa yang
disampaikan komunikator.
Kelemahan komunikasi dua arah
yaitu:
-
Membutuhkan paling sedikit dua orang,
-
Informasi yang disampaikan lebih lambat,
sehingga kurang efisien,
-
Keputusan tidak dapat diambil dengan
cepat,
-
Memberikan kesempatan kepada komunikan
untuk bersikap menyerang, sehingga suasana kerja bisa menjadi kurang kondusif,
-
Memberi kemungkinan timbulnya berbagai
macam masalah yang tidak ada relevansinya dengan masalah yang sebenarnya.
-
Komunikasi dalam perusahaan sebagai
titik sentral.
-
Dalam setiap proses komunikasi, hubungan
kemanusiaan merupakan proses yang menyangkut kepribadian, sikap dan tingkah
laku yang terjadi pada orang-orang yang terlibat.
-
Organisasi melaksanakan komunikasi
persuasif dua arah disemua bidang kegiatan dengan maksud memberikan motivasi
kerja, bertanggung jawab dan produktif
-
Atas dasar pengertian tersebut terlihat
bahwa komunikasi timbal balik dalam suatu organisasi merupakan proses integrasi
antar manusia yang brersifat manusiawi yang menuju perasaan lahir batin.
Peran Komunikasi Dalam Manajemen
Organisasi?
·
Komunikasi dalam perusahaan sebagai
titik sentral
·
Dalam setiap proses komunikasi, hubungan
kemanusiaan merupakan proses yang menyangkut kepribadian, sikap dan tingkah
laku yang terjadi pada orang-orang yang terlibat
· Organisasi melaksanakan komunikasi
persuasif dua arah disemua bidang kegiatan dengan maksud memberikan motivasi
kerja, bertanggung jawab dan produktif
·
Atas dasar pengertian tersebut terlihat
bahwa komunikasi timbal balik dalam suatu organisasi merupakan proses integrasi
antar manusia yang bersifat manusiawi yang menuju perasaan lahir batin
Sumber:
Febri
Rahmanto, Aris. 2004. “Peran Komunikasi Dalam Suatu Organisasi”. Jurnal Komunikologi,
Vol. 1, No. 2. http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4603-Aris_F.pdf.
(Diakses 30 September 2016 pukul 19.00 wib.)
TA
Gutama, TA. 2010. “Peran Komunikasi Dalam Organisasi”. Jurnal Sosiologi, Vol.
25, No. 2. http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4603-Aris_F.pdf.
(Diakses 30 September 2016 pukul 19.00 wib.)
Komentar
Posting Komentar