PSIKOLOGI MANAJEMEN 2

Nama               : Melysa
NPM               : 16514589
Kelas               : 3PA18
Hari/Tanggal   : Senin, 3 Oktober 2016
Waktu             16.15 WIB

Jelaskan apa perbedaan komunikasi Satu Arah Dan Dua Arah?
·         Komunikasi Satu Arah
Komunikasi satu arah adalah komunikasi yang terjadi ketika seorang pengirim pesan kepada orang lain, sedangkan penerima pesan tidak menanggapi pesan tersebut atau komunikasi satu arah merupakan komunikasi yang berlangsung dari satu pihak saja, yaitu hanya dari pihak komunikator dengan tidak memberi kesempatan kepada komunikan untuk memberikan respon atau tanggapan.
Yang termaksud komunikasi satu arah
khotbah, berita di TV dan radio.
Contoh komunikasi satu arah :
Seseorang penyiar radio yang sedang siaran dan semua orang hanya dapat mendengarkan saja, dan tidak memberikan tanggapan.
Kelebihan komunikasi satu arah :
-          Lebih cepat dan efisien.
 Dapat membawa wibawa komunikator (pimpinan), karena komunikasi tidak dapat mengetahui secara langssng atau menilai kesalahan dan kelemahan komunikator,
-          Suasana pada saat penyampaikan pesan atau informasi lebih tentram dan teratur,
-          Yang berbicara hanya ada satu orang sehingga penerima pesan atau penyimak lebih mudah mencerna dan memahami pesan yang disampaikan,
-            Dapat mempengaruhi orang lain melalui pesan yang disampaikan atau informasi yang disampaikan,
-          Pembicara bebas menyampaikan apa yang ingin disampaikan,
-          Pesan yang disampaikan pembicara lebih fakta dan dapat dipercaya.
Kelemahan komunikasi satu arah :
-          Tidak memberikan kepuasan kepada komunikan, karena komunikan tidak mempunyai kesempatan untuk memberikan respons atau tanggapan,
-          Memberikan kesan otoriter,
-          Dapat menimbulkan kesalah pahaman dan ketidak jelasan, sehingga muncul prasangka yang tidak baik,
-          Penyimak bisa saja memahami apa yang disampaikan pembicara karena penyimak tidak boleh merespon atau memberikan tanggapannya kepada pembicara, sehingga pembicara tidak mengetahui apakah semua penerima pesan atau penyimak memahami seluruh isi pesan yang disampaikan pembicara atau tidak memahami, jadi walaupun penerima pesan  mau memberikan tanggapan cukup kepada diri sendiri,
-          Terkadang penyimak tidak peduli akan apa yang disampaikan pembicara karena penerima pesan merasa bosan.


·         Komunikasi Dua Arah
Komunikasi dua arah adalah komunikasi yang terjadi ketika seseorang mengirim pesan, mengeluarkan ide, gagasan, pendapat dan peerima pesan (pendengar) menanggapi isi pesan atau komunikasi dua arah merupakan komunikasi yang berlangsung antara dua pihak dan ada timbal balik baik dari komunikator maupun komunikan.
Contoh komunikasi dua arah yaitu:
Seseorarang anak perempuan yang sedang curhat dengan orangtua nya dan menceritakan semua yang sedang ia alami dan rasakan dan orangtua nya menerima pesan tersebut atau komunikan memberikan tanggapan atau merespon kembali apa yang anaknya seritakan atau sampaikan.
Kelebihan komunikasi dua arah:
-        Adanya dialog antara komunikator dengan komunikan, sehingga menimbulkan kepuasan diantara kedua belah pihak,
-        Informasi yang diterima menjadi lebih jelas, lebih akurat dan lebih tepat, karena dapat diperoleh langsung penjelasanya,
-        Memunculkan rasa kekeluargaan, kekerabatan, dan iklim demokratis,
-        Menghindari kesalahpahaman,
-        Komunikator dan komunikan bebas mengeluarkan pendapat masing-masing,
-        Pembicara dan penyimak saling berperan aktif bisa saja penyimak sebagai pembicara dan pembicara sebagai penyimak,
-        Komunikan tidak hanya menerima apa yang disampaikan komunikator.
Kelemahan komunikasi dua arah yaitu:
-        Membutuhkan paling sedikit dua orang,
-        Informasi yang disampaikan lebih lambat, sehingga kurang efisien,
-        Keputusan tidak dapat diambil dengan cepat,
-        Memberikan kesempatan kepada komunikan untuk bersikap menyerang, sehingga suasana kerja bisa menjadi kurang kondusif,
-        Memberi kemungkinan timbulnya berbagai macam masalah yang tidak ada relevansinya dengan masalah yang sebenarnya.
-        Komunikasi dalam perusahaan sebagai titik sentral.
-        Dalam setiap proses komunikasi, hubungan kemanusiaan merupakan proses yang menyangkut kepribadian, sikap dan tingkah laku yang terjadi pada orang-orang yang terlibat.
-        Organisasi melaksanakan komunikasi persuasif dua arah disemua bidang kegiatan dengan maksud memberikan motivasi kerja, bertanggung jawab dan produktif
-        Atas dasar pengertian tersebut terlihat bahwa komunikasi timbal balik dalam suatu organisasi merupakan proses integrasi antar manusia yang brersifat manusiawi yang menuju perasaan lahir batin.

Peran Komunikasi Dalam Manajemen Organisasi?
·    Komunikasi dalam perusahaan sebagai titik sentral
·  Dalam setiap proses komunikasi, hubungan kemanusiaan merupakan proses yang menyangkut kepribadian, sikap dan tingkah laku yang terjadi pada orang-orang yang terlibat
·        Organisasi melaksanakan komunikasi persuasif dua arah disemua bidang kegiatan dengan maksud memberikan motivasi kerja, bertanggung jawab dan produktif
·         Atas dasar pengertian tersebut terlihat bahwa komunikasi timbal balik dalam suatu organisasi merupakan proses integrasi antar manusia yang bersifat manusiawi yang menuju perasaan lahir batin

Sumber:
Febri Rahmanto, Aris. 2004. “Peran Komunikasi Dalam Suatu Organisasi”. Jurnal Komunikologi, Vol. 1, No. 2. http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4603-Aris_F.pdf. (Diakses 30 September 2016 pukul 19.00 wib.)
TA Gutama, TA. 2010. “Peran Komunikasi Dalam Organisasi”. Jurnal Sosiologi, Vol. 25, No. 2. http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4603-Aris_F.pdf. (Diakses 30 September 2016 pukul 19.00 wib.)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Tulisan : Produk Kreatifitas (Kreatifitas dan Keterbakatan)

tugas sofkill 1 matakuliah psikologi dan teknologi internet